Tuesday, January 10, 2017

Hukum menggunakan Software Bajakan

Sepertinya Tidak konsisten menjadi musuh terbesar keberhasilan. Tapi apa anda tahu yang sebenarnya saya pikirkan. Baru - baru ini saya baru menyadari bahwa saya harusnya bersyukur kepada hal - hal buruk yang menimpa diri saya. Seharusnya saya benar - benar bersyukur, terutama kepada Allah yang telah menciptakan kita sedemikian rupa dan mencoba kita dengan ujian - ujian yang berbeda - beda dan bahkan kita dengan sadar  merasa bahwa ujian yang diberikan Allah pada kita adalah ujian yang paling berat, benar kan?


COBAAN ITU ADIL GAK SIH?

Padahal mungkin sebenarnya kita yang lebay karena merasa demikian. Ujian yang diberikan sang pencipta ini sebenarnya sama dan adil sesuai dengan kadar kemampuan kita. Kita mungkin beranggapan bahwa ujian "milik" orang lain lebih ringan dari pada ujian yang kita hadapi, tapi terkadang kita merasa bahwa memang benar ada masalah - masalah yang diberikan oleh Allah yang menurut kita sudah terlampau berat bagi yang menjalankan. 

Contoh sebuah masalah yang terlampau berat bagi saya adalah jika saya mungkin diberikan oleh Allah salah satu dari masalah fisik seperti Tuli, bisu atau buta seumur hidup, atau bahkan ketiganya. Bagaimana mungkin kita bisa tahu hal - hal yang baik dan buruk, berita - berita diluar dan mungkin hal - hal yang terkait Agama dan politik. Secara akal, bagaimana mungkin kita bisa hidup? benar kan?

Tapi saya baru menyadari bahwa hal yang dimaksud dengan adil disini adalah bahwa setiap manusia mendapat kadar yang tepat antara nikmat yang diperoleh dan cobaan dengan kemampuan akalnya. Satu - satunya pemutus antara cobaan yang ada di dunia ini adalah jika manusia itu kehilangan atau tidak kuat akalnya karena gila. Pada saat itu tidak dicatat amal baik dan buruknya, karena dia sendiri sudah tidak waras maka tidak berlaku hukum - hukum yang berlaku padanya. 

Terus bagaimana dengan kita yang tidak gila tapi masalah yang kita peroleh menurut kita sudah diluar kemampuan kita?

Tidak, Allah tetap adil kepada kita. menurut saya pribadi sebenarnya Allah menempatkan semua manusia dan jin di tempat dimana dia akan bisa dengan mudah memilih antara menyerah atau mau lanjut berjuang, memilih yang buruk atau yang baik, memilih mengikuti perintahnya atau tidak mengikuti perintahnya, memilih untuk berpikir keras atau tidak.

Yang saya mau garis bawahi adalah kata - kata "dengan mudah" ini. Ingat bahwa kita masih bisa menggunakan akal kita untuk memilih yang baik dan buruk. Yang Halal dan yang Haram. simple-nya,  kalau kita merasa tidak cocok dengan apa yang terjadi dan memilih hal lain yang menurut agama adalah hal buruk, kita bisa dengan mudah memilihnya. Tapi ingat bahwa setiap hal yang kita lakukan itu nanti akan dipertanggung jawabkan di akhirat oleh kita masing - masing, bukan orang lain.


TENTANG BARANG BAJAKAN

Oke, kita mulai dari sini, sebenarnya untuk mudahnya anda bisa melihat sebuah video yang ada dibawah ini. Karena video ini adalah alasan paling kuat milik saya kenapa kita harus segera meninggalkan memakai barang bajakan.

(updates: selasa 24 januari 2017,penambahan paragraf,
dalam video ini akan dijelaskan secara singkat kenapa menggunakan barang bajakan itu dilarang keras, dan saya memang mengambil dan menyimpulkan sebagian pernyataan saya dari video ini:)






Selain itu ada referensi lain yang sepertinya juga berkata serupa tentang barang KW alias palsu seperti dibawah ini





Sebagai muslim kita harus tahu dan kita mesti tahu bahwa mencuri adalah perbuatan haram. Meskipun mencuri barang yang sangat sedikit. Anda mungkin tahu bahwa di saudi, hukuman bagi para pencuri adalah di potong tangannya. Untung saja, hal tersebut tidak diterapkan di indonesia, bersyukurlah.

Di dalam video tersebut, dijelaskan bahwa perbuatan kita itu dholim alias merugikan seseorang. Ustad Khalid Basalamah mengumpamakan bagaimana jika kita diperlakukan sama, jika kita adalah pembuat software, bolehkah orang lain membajak software kita? tentu tidak kan?

Saat kita membajak, berarti kita mendapatkan dengan gratis hal yang seharusnya dibayar. Dan pimilik software yang seharusnya mendapatkan hak yang diterimanya berupa uang pembelian software itu jadi tidak menerimanya. Dan hal itu menyebabkan berkurangnya pendapatan mereka. 

Jika kita mencoba berpikir lebih jauh lagi, maka kita akan menyadari bahwa perusahaan yang cukup tangguh untuk bersaing di dunia penuh pembajakan ini adalah perusahaan besar saja hingga tidak mungkin individu atau perusahaan kecil untuk bertahan pada industri ini bila barangnya sudah kena bajak karena sebab tidak mendapat keuntungan dari kerja keras yang dilakukannya dan akhirnya mengalami kebangkrutan.

Dan hal kedua yang tertanam dalam benak saya apabila kita terus melakukan ini sampai kita mati. Tentunya Allah akan mengadili kita SESUAI DENGAN TAKARAN YANG KITA AMBIL dari mereka. Saya mohon maaf harus membahasakan seperti ini, tapi berapa sih amal dan sedekah kita sampai saat ini? adakah mencapai puluhan juta? sedangkan kita tahu bahwa yang software yang kita ambil untuk kepentingan kita itu harganya berjuta - juta. 

Jika kita rupiahkan dan diteliti, kita mungkin sudah mencuri hak orang - orang yang seharusnya sudah menjadi milik mereka belasan juta atau bahkan puluhan juta.

Anggap saja bahwa semua laptop standart ABG sekarang adalah sebuah laptop dengan windows 10, Photohop, Office, dan COrel Draw.

Saya coba cek harga Windows OS asli di link ini, dan harganya adalah $119,- atau sekitar Rp2.587.000,-  ditambah Microsoft Office asli di link ini dengan harga $149,- atau sekitar Rp.1937.000,- terus ditambah harga corel draw $669,- atau sekitar Rp.8.697.000,- dan kebetulan saya tidak tahu dengan harga Adobe Photoshop sekarang karena Adobe sekarang membuat softwarenya menjadi CREATIVE CLOUD dan sepertinya diberlakukan harga sewa perbulan, jadi akan saya samakan saja dengan harga corel draw karena seingat saya dulu harga Adobe Photoshop ada di kisaran 8 juta rupiah.




Jadi kita coba jumlahkan harga Windows dan software bawaan yang pasti akan ada di hampir semua komputer dan laptop sekarang:

$149 + $119 + $669 + $669 = $1606 atau sekitar Rp.20.878.000,- 
(Dengan diumpamakan Kurs 1 dollar = 13000)

Sekarang saya ingin mengucapkan selamat kepada kita semua yang telah membajak dan mencuri dengan tidak ingin membayar lisensi dan ingin gratisan.

Anda tau kenapa?

Karena jika kita pengen total - totalan di akherat dengan cara hitung - hitungan matematika menurut pemahaman kita yang adil, coba pikir dengan seksama, apakah jumlah sedekah kita yang kita infaqkan ke jalan Allah dan membantu orang miskin apakah sampai 20 juta?

belum lagi jika menginstal ulang dengan software bajakan, maka tinggal kalikan saja dengan hitung hitungan di atas.

Jujur, saya sendiri mencoba meminimalisir hal ini, mulai dari tidak menggunakan antivirus bajakan. Hal yang paling kita butuhkan tapi sebenarnya juga tidak butuh pada saat bersaamaan. Kemudian mulai mendownload aplikasi gratis seperti Blender, Gimp, dan Inkscape.

Masalahnya adalah saya masih dalam takaran mendownload dan lupa untuk belajar, akhirnya mau tidak mau saya harus kembali menggunakan barang bajakan karena sifat malas saya untuk belajar dengan hal baru.


PAKAI BAJAKAN BOLEH ASALKAN....

Pada dasarnya, sebenarnya ada celah yang tidak bisa dihilangkan dari semua perangkat lunak dan dokumen - dokumen yang terkandung didalamnya. Kita semua tahu bahwa segala jenis perangkat lunak bisa di-copy hanya dengan menekan tombol ctrl+c.

Dan celah inilah yang menyebabkan adanya ulama atau guru agama yang memperbolehkan "pembajakan" dalam artian kata yang menurut mereka dengan alasan "belajar" menjadi hal yang benar.

Demikian ini yang saya kutip dari wahdah.or.id

Namun sebagian ulama membolehkan penggunaan software bajakan tersebut bila adanya kebutuhan penting atau darurat dalam penggunaannya dengan beberapa syarat:
Pertama: Software asli tidak ada/sedikit sekali atau sulit untuk digunakan/tidak bisa dipinjam, atau ada dipasaran namun dengan harga yang lumayan tinggi.
Kedua: Penggunaannya untuk kepentingan pribadi/kursus belajar, dan bukan untuk kepentingan bisnis dan jual beli, apalagi menjual software bajakan tersebut, karena ini artinya meraup keuntungan dan harta dari hak cipta orang lain tanpa seizinnya. Hal terakhir inilah yang lebih dekat pada maslahat, sebab sangat sukar untuk melepaskan diri dari software bajakan khususnya di berbagai kota di Indonesia.

Sumber Tulisan: http://wahdah.or.id/hukum-software-bajakan-dalam-islam/

Sebenarnya, kedua logika di atas bisa dengan mudah dihapus dengan alasan bahwa dengan menggunakan software bajakan, kita ikut mendholimi para pembuat software.

Lantas bagaimana dengan Perusahaan yang berjualan antivirus untuk pribadi seperti smadav atau software editing photo dan video seperti adobe dan corel? mau dapat keuntungan dari mana mereka semua orang beranggapan "gapapa buat belajar" atau sekedar "gapapa belum mampu".

Intinya sederhana sih, bagaimana jika kita adalah seseorang yang bekerja sebagai developer software dan kemudian perusahaan yang mereka naungi siang malam sampai tidak tidur (kebanyakan programmer memang kurang tidur) bangkrut atau memecat beberapa pegawai karena "rugi" karena penjualan software tidak seberapa.

Jujur, memang saya suka dengan pernyataan ustad Khalid Basalamah dan segera mengganti semua barang bajakan yang pernah saya install tapi gak pernah atau jarang sekali saya apa - apakan kecuali OS windows 8 itu sendiri yang saya install karena windows bawaan laptop saya yang selalu tersendat -sendat. Setelah lama termenung mungkin beberapa hari, saya langsung Download OS alternatif yakni Ubuntu OS 16.04.

Sebenarnya sebelum ganti OS pun saya sudah berusaha beralih ke software gratis, diantaranya adalah dengan belajar jadi programmer dan menginstal software - software opensource yang gratis sebagai alat untuk belajar sembari menunggu pekerjaan menjadi programmer datang dan saya mendapatkan gaji lebih untuk membeli lisensi barang - barang bajakan yang pernah saya install.

Namun saya berpikir lagi, Mau sampai kapan? saya juga baru menyadari bahwa saya memang punya keterbatasan di dalam belajar dan mengingat informasi baru dengan cepat, apalagi soal abstrak seperti fisika, matematika dan bahasa pemrograman. Ditambah lagi dengan suara hati yang mengatakan bahwa "ini nanti takaran dosanya sama dengan besar nilai barangnya loh" karena saya dengan ceramah Beliau bolak - balik mencoba mencari celah bahwa ini masih boleh digunakan.

Jadi, inilah saya sekarang, mulai mencoba dengan yang gratisan dan berusaha cari aman karena saya percaya kehidupan setelah kematian dan sangat takut kalau harus mencicipi neraka. Tangan keseleo saya sakitnya sudah bukan main, bagaimana dengan di neraka dicambuk pakai besi dan di bakar pakai api. Lebih baik pilih aman saja.



TERUS HARUS BAGAIMANA?


Tidak perlu berpikir aneh - aneh sih, kalau kalian memang berniat untuk tobat, segera ganti OS kalian dari Windows ke Linux. Cari teknisi, minta install ulang dengan ubuntu, beres. Jika kalian ingin tahu tampilan dari ubuntu, ini lah tampilannya



Sebenarnya, justru dengan menggunakan ubuntu, kita tidak perlu pusing - pusing untuk memikirkan yang lain, ubuntu sudah seperti PlayStore milik Android. Memang software yang ditawarkan tidak banyak, tapi kualitas sudah terjamin. Kilik saja ikon dibawah ini, maka anda bisa memilih dan mendownload software apa yang anda inginkan. Bahkan software untuk word processor seperti microsoft word dan excel juga sudah terinstal.



Dibawah ini adalah beberapa software yang saya install di perangkat milik saya. Gimp sebagai pengganti photoshop, blender sebagai pengganti 3Dsmask dan Inkscape sebagai pengganti corel.



Saya memang bukan seorang designer, tetapi adanya alat - alat seperti ini insya Allah bisa menjadi pelipur lara bagi orang - orang yang tidak memiliki kemampuan untuk membeli software asli dengan baik dan benar. 


TERUS KAMU MASIH NGEYEL?

Ini nih penyakitnya, jika sudah tau salah tapi masih mau melakukan. Banyak sekali alasan yang bisa dilontarkan. Yang pasti jadi senjata pamungkas adalah pernah ada yang ngomong ke saya 

"Dosen aja pakai bajakan!!" atau 
"Dosen agama sama Kyai aja yang aku tau ada yang pakai bajakan!!"

Memangnya anda sudah crosscheck sama pihak terkait?

Memangnya kalau Dosen pake barang bajakan, terus harus jadi panutan?

Saya cuma bisa memberi peringatan kepada anda sekalian, bahwa dosa ditanggung masing - masing dan jika anda tidak mau main aman, tinggal tunggu tanggal mainnya saja di akherat. Dan satu lagi, Orang Pinter dan berTitle tidak selalu semua ucapannya benar. mereka juga seorang manusia. 

Mau Bukti?

Pernahkah kalian mendengan cerita seorang yang malang, seorang Tabi'in Mujahid yang hafal Al-Qur'an kemudian murtad dan memeluk agama kristen karena seorang wanita yang kecantikannya membuatnya lupa akan hafalan Qur'annya.(maaf jika menyinggung yang beragama lain, yang ingin saya tekankan di sini adalah sebab murtadnya, bukan ke agamanya)

ini adalah riwayat cerita terkait dengan pemuda tersebut, Klik disini untuk cerita lengkapnya

Berkata Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitabnya Al-Bidayah wa An-Nihayah (11/74):
وفيها  (278 هـ)  توفي عبدة بن عبد الرحيم قبحه الله
ذكر ابن الجوزي أن هذا الشقي كان من المجاهدين كثيرا في بلاد الروم، فلما كان في بعض الغزوات والمسلون محاصروا بلدة من بلاد الروم إذ نظر إلى امرأة من نساء الروم في ذلك الحصن فهويها فراسلها ما السبيل إلى الوصول إليك ؟ فقالت أن تتنصر وتصعد إلي، فأجابها إلى ذلك، فلما راع المسلمين إلا وهو عندها، فاغتم المسلمون بسبب ذلك غما شديدا، وشق عليهم مشقة عظيمة، فلما كان بعد مدة مروا عليه وهو مع تلك المرأة في ذلك الحصن فقالوا: يا فلان ما فعل قرآنك ؟ ما فعل علمك ؟ ما فعل صيامك ؟ ما فعل جهادك ؟ ما فعلت صلاتك ؟ فقال: اعلموا أني أنسيت القرآن كله إلا قوله (ربما يود الذين كفروا لو كانوا مسلمين ذرهم يأكلوا ويتمتعوا ويلهيهم الامل فسوف يعلمون)  الحجر: 3
 “Pada tahun (278H), telah wafat Abdah bin Abdurrahim –semoga Allah memburukkannya-, telah disebutkan oleh Ibnul Jauzy bahwa orang malang ini dulunya termasuk dari seorang lelaki yang sering berjihad di negeri Romawi, ketika dalam beberapa peperangan dan pada waktu itu kaum muslim mengepung sebuah daerah dari kekuasan Romawi, lelaki sang mujahid yang terkena godaan ini memandang kepada seorang wanita dari bangsa Romawi di benteng tersebut, maka akhirnya lelaki ini menginginkan wanita tersebut, lalu ia menyurati wanita tersebut; “Bagaimana agar aku bisa sampai kepadamu?”, wanita ini menjawab: “Kamu masuk ke dalam agama Nashrani lalu kamu naik menemuiku”, lalu lelaki ini menerima ajakan tersebut”, maka ketika kaum muslim mengepung malah dia berada bersama wanita tersebut, kejadian itu sangat menyakitkan dan memberatkan kaum muslim, setelah beberapa waktu berlalu, kaum muslim melewati benteng tersebut dan si lelaki ini sedang bersama wanita tersebut di benteng itu, mereka (kaum muslim) bertanya kepada lelaki tersebut: “Wahai Fulan, Apa yang telah Al-Qur’an lakukan terhadapmu?, apa yang telah dikerjakan oleh ilmumu terhadapmu? Apa yang telah dikerjakan puasamu terhadapmu? Apa yang telah dikerjakan oleh jihadmu terhadapmu? Apa yang telah diperbuat shalatmu terhadapmu?”, lelaki ini menjawab: “Ketahuilah kalian semuanya, sesungguhnya aku telah lupa Al-Qur’an kecuali Firman-Nya:

Artinya: “Orang-orang yang kafir itu sering kali (nanti di akhirat) menginginkan, kiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang-orang muslim. Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong), maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatan mereka)”. (QS. Al Hijr: 2-3).

Sangat menakutkan bila kita tidak bisa mengetahui mana hal yang benar dan mana hal yang salah karena terlalu mengkultuskan atau menganggap seseorang karena jabatannya tanpa tahu asal - usul dan bagaimana perjuangannya. Seseorang bisa saja salah dalam memilih dan berbelok dari tujuan semula atau bahkan terpelintir jauh seperti cerita mujahid diatas dan mengesampingkan akalnya. Bisa saja dan mungkin kita salah satu diantaranya.

(updates: selasa 24 januari 2017)
Cerita seorang Alim yang akhirnya Masuk kristen dan semua hafalannya hilang tadi saya maksudkan bahwa kita tidak bisa berpendapat bahwa satu perbuatan dibenarkan hanya karena ada beberapa yang kita anggap berpendidikan (mau itu dosen, kyai, dll ) melakukan hal tersebut, mungkin memang agak gak nyambung, tapi yang mau saya tekankan disini adalah sebuah konsep dimana jika apa yang dilakukan oleh seseorang mayoritas adalah kebenaran, bukan berarti semua yang dia lakukan itu adalah benar. Sebagai seseorang yang memiliki akal kita dituntut untuk berpikir dan melihat kaidah - kaidah dan dasar hukumnya sebelum menganggap hal itu benar atau salah.

Oleh karena itu gunakan akal dengan sebaik - baiknya, dan bukannya nafsu yang mungkin akan membuat keputusan - keputusan yang kita buat menjadi kesalahan terbesar kita.




(updates: selasa 24 januari 2017)

MAU BUKTI ?

Saat artikel ini pertama kali dipublish, saya sudah mantab pindah ke linux dan memang di linux sekarang sudah tidak ribet lagi karena untuk mendownload software seperti gimp sebagai pengganti photoshop, atau blender sebagai pengganti adobe premiere, after effect dan 3dsMask kita hanya perlu mengKONEKkan OS kita secara online. Sudah ada file repository seperti playstore dan kita tidak perlu tahu segala hal mengenai script dan lain sebagainya kecuali mungkin pada saat menginstal OS ini mungkin anda akan butuh seorang teknisi yang mengerti tentang instalasi Ubuntu atau membaca sedikit tutorial mengenai itu. 

Memang ada yang bilang "pakai saja untuk sementara", namun dalam kenyataan di lapangan, itu semua sangat jarang terjadi, kecuali untuk "para masta" dalam bidang ini dan punya pendapatan selangit yang bisa disisipkan, tapi untuk yang cuma buat mainan atau hal - hal kecil, sebenarnya hal ini terlalu beresiko. Dan pemakaian barang bajakan tersebut tidak bisa serta merta dibenarkan.


manipulasi dengan software GIMP

Manipulasi dengan software GIMP
Gambar yang saya sertakan di atas adalah bukti bahwa ketidakmampuan kita menggunakan sebuah software tidak bisa dibenarkan untuk melakukan pembajakan. 2 gambar ini adalah hasil manipulasi gambar yang saya kerjakan selama 2 hari ini dengan basic tutorial photoshop. ini link tutorialnya (Create Abstract Shining Text Effect With Groovy Font In Photoshop dan Photoshop Dispersion Effect Tutorial) dan berikut ini video pada tutorial kedua,



Memang ada keterbatasan seperti tidak adanya layer style yang memudahkan automatisasi effect secara simultan atau hal - hal lainnya karena belum terbiasa, tapi saya masih mampu untuk membuat hal - hal seperti yang dilakukan oleh photoshop. Mungkin memang tidak bisa persis karena saya sendiri hanya melakukan hal ini untuk hobi dan bukan seseorang yang berkecimpung di bidang raster image ataupun seseorang yang bekerja sebagai editor gambar full time.

Saya sendiri bukan pengguna software manipulasi vector dan 3D seperti inkscape dan blender, jadi saya mohon maaf jika saya masih belum bisa membuat contoh karya yang bisa dihasilkan dari hal tersebut, tapi mungkin kedepannya saya akan update lagi artikel ini untuk memperbanyak bukti yang bisa saya berikan. :D

3 comments:

  1. bro, cara tobatnya gmna ya, apa harus mengganti software software yanh di bajak dahulu, saya klo harua ngitung mungkin sudah ratusan juta, sedangkan uang saya tidak cukup,
    apa saya memohon ampun kepada Allah sudak cukup,
    dan saya pake windows ori tapi beli di toko online indonesia, seharga 200rbu, apakah itu legal ? mohon jawabannya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara tobat, kalau gak bisa beli, mendingan langsung dihapus saja. Ganti sama yg opensource kayak Linux Ubuntu , atau sistem operasi Linux lainnya.

      Kalau software lainnya kan ada gantinya jg. Misal gimp untuk pengganti Photoshop, inkscape utk pengganti Corel Desember/illustrator dll.

      Kalau yg kamu beli di toko online 200 ribu, ya tinggal cek harga original nya berapa di websitenya aslinya.

      Gak mungkin Windows yg harga lisensi nya juta-an dijual dgn harga ratusan ribu.

      Delete
  2. Gan mau tanya. Kalau kita mau menginstall linux, kita sudah mendownload iso linuxnya, lalu kita buat bootable ke flashdisk pake software rufus lewat windows yang bajakan, nah apakah nanti linux aku sama aja nggak berkah pas sudah keinstall?
    Mohon penjelasan dan bimbingannya.

    ReplyDelete

Artikel Pilihan

Inspirasi Membuat Blog dari Nol tanpa Pengetahuan tentang Internet

Anda ingin punya blog yang terkenal? punya adsense banyak? ingin cuma tidur-tiduran di rumah dan dapat penghasilan yang banyak? Tidak s...