Friday, February 24, 2017

Menulis Saja Tidaklah Cukup


"APA KONTRIBUSI SAYA UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN ?"

banyak dari kita di waktu sekolah atau bahkan kuliah, tidak pernah memperhatikan bagaimana informasi yang kita ambil dari website yang kita kopi. Dan Bahkan banyak dari kita yang mungkin sudah sadar dan tahu bahwa kalian mungkin langsung meletakkan baris - demi baris dan paragraf demi paragraf di makalah yang digunakan untuk menyelesaikan tugas yang ada tanpa setidaknya menulis ulang dan membuat kembali kesimpulan dari apa yang kita dapatkan.

Tidak malu kah kita?

Padahal bertampang sabun rambut landak ala pomade (bagi laki - laki), dan memakai kerudung seperti seolah-olah yang kalian pakai adalah pengganti rambut, bukan penutupnya(bagi perempuan). Namun masih saja mencontek.

Ups, susah ya bahasanya?

Maksudnya itu tampang sok kece tapi malas untuk mikir.

Ya memang hidup ini akan selalu sulit bagi orang yang ingin mempertahankan kejujuran. Coba temukan satu saja orang yang tidak copypaste pada saat buat membuat makalah, insya Allah dia 99% orang yang jujur dan dapat di percaya. Karena kita pasti tahu bahwa seorang pembohong, tidak dapat dipercaya. Tapi anehnya adalah Korupsi, Menipu, Berdusta dan Mencontek adalah Lumrah di Indonesia, Apalagi dari instansi pendidikan.

Dan lagi, mau saja anda percaya dengan apa yang di tulis di internet tanpa referensi yang jelas. Minimal, tulis lagi lah dengan kalimat sendiri. Sudah copas, yang dicopas semuanya pula.

Kontribusi kita akan sangat berarti, apalagi jika kita melakukannya dengan hati yang ikhlas, entah apapun perbuatan kita. Dalam kasus ini saya sendiri menitik beratkan pada kegiatan menulis. Ayo kita galakkan ini, karena tanpa ada kalian yang ingin memulai dari diri sendiri, maka tidak akan ada yang bertindak.

Ayo kita pake media sosial, jangan cuma menulis, tapi bagikan ke media sosial. Kadang saya berpikir, memang enak jikalau ada satu tempat di mana kita bisa menulis dan bergabung dengan mereka yang punya hobi yang sama. Tapi jika hanya menulis tanpa berbagi ke media sosial, siapa yang akan baca tulisan kalian? sesama penulis? ya percuma toh, karena jumlah penulis juga sedikit, tidak sebanyak penduduk indonesia.

mereka yang suka menulis sudah tahu jika mereka tidak tahu sesuatu maka mereka akan mencari dan membaca sesuatu yang baru. Terus siapa yang akan menggerakkan hati orang - orang di sosial media yang kebanyakan hanya mendapatkan berita viral dan berita politik? siapa yang akan menolong mereka untuk sadar?

Menulis saja tidak cukup untuk melakukan sebuah perubahan, kita harus bertindak selayaknya orang - orang yang sering membagikan sebuah berita viral di sosial media. Jangan biarkan si Mbah Google tidak menyadari bahwa ada banyak artikel - artikel bagus di website - website yang mungkin tidak diketahui orang banyak namun sarat akan manfaat. Yuk sebarin tulisanmu, minimal buat website dari blogspot.com terus pindahkan artikel kamu dari satu media ke media lainnya..

Kenapa saya sampai bicara seperti ini?

Sungguh saya sangat tidak puas, karena saya tidak bisa melihat artikel - artikel lama dari kompasiana yang mungkin sangat bagus untuk dibaca. Mungkin contohnya bila ada artikel menarik di tahun 2010 silam. Beda sekali dengan Blog pribadi, entah wordpress atau blogspot. Dengan mudah saya bisa mengurutkan apapun yang ingin saya baca. Terlebih lagi karena semakin banyak saya klik sebuah blog yang saya baca, semakin erat pula cinta antara blog kamu dengan mesin pencari google.

Memang ini hanyalah curhatan dan opini pribadi saja, tetapi dengan ini, saya ingin membuat beberapa orang dari yang membaca artikel yang saya baca ini untuk lebih peduli dan berkontribusi memadatkan hasil mesin pencari di google dengan tulisan kita, agar mereka - mereka yang awam dan mempunyai hobi copypaste di berita dari internet lebih terdididik dan lebih bisa berpikir dari usaha yang kita lakukan ini. Karena tidak mungkin mereka menjiplak tulisan saya ini dan memindahkannya ke makalah mereka karena bahasa yang kita gunakan, tidak sebaku dan sekaku artikel - artikel terkenal yang mereka jiplak pada umumnya. Tunjukkan bahwa orang Indonesia bermartabat, Terima Kasih :D

No comments:

Post a Comment

Artikel Pilihan

Inspirasi Membuat Blog dari Nol tanpa Pengetahuan tentang Internet

Anda ingin punya blog yang terkenal? punya adsense banyak? ingin cuma tidur-tiduran di rumah dan dapat penghasilan yang banyak? Tidak s...