Monday, October 10, 2016

Jangan Mimpi Punya Blog Seperti Hipwee, Jika Kamu Tidak Patuh Prinsip Ini

Sekiranya bila gua harus tahu bagaimana wekend yang buruk itu, mungkin hari ini adalah hari yang paling buruk. Penyebabnya, gua habisin waktu gua sebanyak 25 episode anime "Haikyuu!!" plus lsekitar 23 episode anime "Yowamushi Pedal Go!! " dalam keadaan rumah masih di dandanin oleh bokap dan hujan terus menerus yang hampir saja ngebuat rumah bener - bener dalam keadaan banjir. Dan selalu saja menunda - nunda untuk melakukan sesuatu yang bagus dan berguna untuk membuat masa depan jadi lebih baik jadi lebih susah gara - gara hal ini.

Bukan hanya masalah itu, entah menurut kalian gimana, tapi menurutku memang hal - hal di Setelah itu banyak sekali rintangan buat mulai nulis lagi. Dari kata - kata "nanti ah, belum mandi." samapi "nanti saja, sekarang belum makan." Entahlah, tiba - tiba takut aja buat nulis lagi. Agaknya juga sedikit bingung mau dibawa kemana blog ini. Setelah gak karuan browsing dan nonton Youtube, melihat pewdiepie dan youtuber - youtuber yang lain yang bisa mendapat penonton sampai jutaan banyaknya, dan melihat blog - blog terkenal seperti Hipwee dan blog - blog lain yang sudah terkenal, sepertinya juga akan sulit jika harus berkompetisi dengan mereka. Tapi topik bahasan kali ini bakalan gua fokusin tentang kecemburuan gua terhadap website dengan nama Hipwee.

ScreenShot Website Hipwee dan jumlah halaman artikelnya saat ini
Bayangkan saja, web sekelas Hipwee yang barusan saya lihat pada jam 23.30 wib, 10 Oktober 2016 jumlah artikel yang ter-publish di website tersebut ada 820 halaman. Pada Halaman pertama gua hitung artikel yang tampil ada 10 judul dan jika kita asumsikan pada halaman terakhir Hipwee di halaman 820, jumlah judulnya juga 10 judul maka akan didapat hampir 8.200 judul artikel yang telah terdaftar dan semuanya unik.

Mungkinkah gua menyalip atau paling enggak menyamai produktifitas, jumlah dan kecepataan mereka dalam membuat tulisan seperti mereka? NGGAK MUNGKIN dan kayaknya TIDAK AKAN PERNAH. Mengapa? Setelah gua cek sendiri, pada tanggal 17 April 2014 ada 3 penulis yang aktif menulis sebanyak total 27 judul artikel yang berbeda mulai dari artikel terakhir tentang "25 Poster 'Failed' Caleg" berurutan terus menerus sampai pada tulisan yang berjudul "18 Cara Untuk Terlihat Pintar". Total artikel yang di buat pada hari itu adalah sebanyak 27 artikel oleh 3 penulis bernama Aulia Kushardini, Nendra Rengganis, dan Maya Kusuma.

 Penulis pertama Hipwee
Terduga bertanggung jawab Penulis Hipwee tanggal 17 April 2014
Bayangin men, 3 orang nulis 27 judul artikel dalam waktu sehari, gua aja nulis sehari sekali saja udah untung - untungan. Karena gua tadi tidak terlalu memperhatikan penulis mana yang menulis paling banyak, untuk mempersingkat kita umpamain saja bahwa setiap 1 orang ini rata - rata menulis 9 judul artikel pada hari itu.

Mau apa sih mereka? ngajak berantem? nulis blog kok beraninya keroyokan, gimana mau kayak mereka coba? itu hal mungkin bisa dibilang sangat tidak mungkin jika kita "hanya" melihat dari jumlah artikel yang telah mereka terbitkan.

Dan bayangkan saja sekarang berapa jumlah penulis yang aktif di Hipwee, mungkin sudah ratusan atau bahkan ribuan, Kalau saja ada 10 penulis seperti ini yang menulis di Hipwee, maka tidak mungkin blogger kacangan dan paruh waktu karena hobi semata bisa menyamai jumlahnya. Tapi bagaimana jika kita bicara soal fokus dan tema pada blog?

Kita fokus pada tema - tema yang bener - bener kita kuasai, fokus dengan apa yang telah ada pada diri kita. Passion kita dan hal - hal yang lebih detail. Jika kita lihat Hipwee, website tersebut juga punya batasan pada konten - kontennya. Hipwee fokus ke masalah anak muda dan info unik, kegalauan mereka. Mungkin tidak terlalu detail dan khusus, tetapi lebih ke arah masalah yang ringan - ringan dan akan selalu dapat jawaban dengan cepat.

 Contoh nya saat gua pengen tahu apakah gua bisa punya kesempatan sukses meskipun masa muda gua berantakan, maka gua mungkin akan menemukan artikel dengan judul yang akan menjawab pertanyaan gua seperti,

Takluk Lantaran Ujian Berat? 5 Sosok Ini Justru Buktikan Itu Pertanda Suksesmu di Depan Makin Hebat!
Dengan isinya adalah tentang orang - orang yang telah gagal dan di cemooh akan tindakan dan aksi yang mereka lakukan dan masa lalu kelam mereka. Tapi mereka bangkit dan sukses dan membuktikan kerja keras mereka. Tapi memang format mereka agak formal mskipun enggak baku - baku amat.
 
Kecenderungan mereka bisa Disinilah Blogger - blogger lokal dan startUp blogger serta para pemula bisa bermain. Anggap saja seperti sedang mengasah dan menempah sebuah pedang. Jika kalian para pandai besi (dalam hal ini blogger pribadi) mengikuti sebuah pabrik atau industri untuk memproduksi banyak pedang dengan kualitas yang mumpuni dan terstandarisasi, maka tidak mungkin kita dapat menyamai jumlah dan kualitas produk pada saat yang bersamaan, disitulah Hipwee bermain.

Lain halnya jika kita semua fokus pada satu masalah saja dan berusaha menempanya, memberi sentuhan khusus, ukiran - ukiran yang detail. Maka orang lain mungkin akan membeli pedang yang kita tempa ini(konten blog kita) dengan harga yang tinggi melebihi harga pabrikan dan idak ragu untuk datang kembali tanpa harus diminta.

Permasalahan yang akan kita sering hadapi adalah bagaimana cara untuk membuat konten yang relevn dengan judul - judul sebelumnya. Dan untuk blog - blog pribadi, gua saranin ditambahin ornamen dan ukiran yang pribadi, khusus dan mudah dikenal. Ini jadi nilai tambah bagi kita juga, mengingat mungkin kalau kalian menulis dengan bahasa yang baku dan kaku, akan sangat mudah untuk di copy oleh seseorang yang pengen mencuri artikel kalian. Sentuhan pribadi ini jadi bener - bener relevan buat kita loh, mengingat tidak mungkin mereka mencuri konten kita mentah - mentah karena merasa aneh dengan cara kita menyampaikan materi dan mungkin bertolak belakang dengan blog mereka sendiri.

Lain halnya dengan Hipwee, dengan mudah konten - kontennya bisa diambil, di tembel dan ditambah paragraf baru, dan mengganti penggalan awal setiap paragraf, sangat rawan. Sekedar mau mengingatkan saja, mungkin Hipwee memulai dengan penulis - penulis yang sudah berpengalaman di bidangnya, tidak seperti kita yang masih kacangan dan jones. Hipwee sudah main - main dengan artikel yang berbauh agak aneh, hiburan dan anak mudah, bahkan motivasi dan paling sering mengenai pacaran, pernikahan dan kegalauan di antara keduanya. Kadang hipwee juga main - main dengan kenangan anak - anak tahun 90 an. Mungkin kedepannya, judul - judul yang akan ditampilkannya bisa ke masalah - masalah yang memang dekat dengan itu mengingat banyaknya penulis kreatif disana. Bahkan sudah dibuka untuk umum. TInggal daftar dengan facebook langsung bisa masuk. Jika kalian mau, bisa saja menulis di tempat tersebut. Rasanya tidak mungkin kita bisa menyamai Hipwee.

Tapi kita masih memiliki hal tersebut, ornamen - ornamen khusus, cara pandang kita sendiri, gaya bahasa kita sendiri, dan kualitas artikel kita sendiri. Agaknya memang sulit kalau kita harus melihat ke Hipwee bahwa kita harus menulis sebanyak itu. Tapi bila kita coba lihat dan hitung, sebenarnya jumlah tulisan yang mereka buat tidak banyak - banyak amat.

 Ayo coba kita hitung, jika di hitung 2 tahun penuh sampai bulan Oktober 2016 , dan gua gak ambil pusing masukin angka kira - kira 365 hari x 2,5 tahun ( perhitungan kasar aja), hasilnya adalah 912.5 hari. lalu kita bagi 8200 judul artikel tadi dengan angka 913(dibulatkan), maka didapatkan angka sekitar 8.981 atau sekitar 9 artikel per hari.

Dan ternyata tidak terlalu banyak ya artikel yang ditulis dalam sehari. Berarti tidak sulit untuk bisa menyamai Hipwee jika kita konsisten menulis 10 artikel per hari selama beberapa tahun ke depan yang mana menurut gua sendiri sudah susah setengah mati. Meskipun jadi sangat mungkin bagi kita untuk bisa melakukannya jika mau mengorbankan waktu dan berusaha dari kemampuan
yang ada.

Di situlah kita bermain, di tempat dimana memfokuskan blog kita akan jadi daya tarik sendiri bagi pengunjung yang ingin tahu lebih jauh dan lebih detail. Contohnya saja blog PanduanIM.com yang memfokuskan pada SEO, BLOGGING dan COPYWRITING. alhasil, para pengikut mbah Google yang mempunyai minat tentang konten tersebut, akan selalu tertarik untuk kembali karena ulasannya yang sangat detail dan pada dasarnya tidak perlu untuk susah - susah googling lagi.

Lain halnya jika blog membahas semua hal yang di dapatkannya dari internet, biasanya lama - kelamaan penulis blog seperti ini akan bosan dengan sendirinya dan akhirnya meninggalkan blognya yang sudah semrawut tanpa update terbaru lagi. Pengunjung juga akan berpikiran bahwa blog ini tidak relevan sebagai referensi karena artikelnya kayak campuran rawon, soto, gado - gado yag dijadiin satu mangkuk, dan pengunjung tidak akan kembali untuk kedua kalinya selain dari orang - orang yang tidak sengaja menemukan blog dari google. Alhasil blog tidak akan mempunyai pembaca tetap dan fans.

Sangat disayangkan loh, karena sebenarnya dari dunia blogging kita bia meraup keuntungan yang banyak bila bisa mengelolahnya dengan cerdas. Gua belum sampai ke situ sih, tapi gua berusaha saja. Ikhtiar dan tawakkal. Dan khususnya menambah sentilan - sentilan khusus di blog ini seperti tulisan berlabel MyLog ini.

Untuk terakhir kalinya gua katakan lagi, fokuskan blog kalian dan perdalam materi yang kalian tulis. Perlahan tapi pasti kita akan mengejar Hipwee, tapi bukan sebagai peniru, tapi menjadi orang yang maju dan sedikit berintelek dari monyet yang memfokuskan kekuatan masing - masing. Salam Blogger Sejati :D
 

1 comment:

Artikel Pilihan

Inspirasi Membuat Blog dari Nol tanpa Pengetahuan tentang Internet

Anda ingin punya blog yang terkenal? punya adsense banyak? ingin cuma tidur-tiduran di rumah dan dapat penghasilan yang banyak? Tidak s...