Friday, October 28, 2016

Sisi Baik dari sifat menunda - nunda Tugas, Pekerjaan & Memulai Usaha


Ketika kita mencoba melihat dunia, maka akan ada sudut pandang, dimana kita akan melihat semua nilai-nilai. Dan semua hal tentang bagaimana kita melihat dari sudut pandang kita masing - masing tergantung dari bagaimana keadaan sosial kita, lingkungan kita, keluarga kita, teman - teman kita, budaya yang kita anut dan mungkin dari bagaimana dunia melihat kita.

Semua hal tentang sudut pandang ini bisa jadi menjadi sumber kesalahpahaman yang sebenarnya akan sangat mudah diselesaikan bila keduanya sama - sama tahu tentang sudut pandang lawan bicaranya. Tapi apakah hal itu mungkin ?

Kita bicara mengenai sudut pandang, dan dalam sudut pandang orang - orang tertentu akan sangat dimungkinkan adanya budaya anti-critic. Mungkin dalam keluarga, atau dalam kelompok belajar bersama di sekolah dan bahkan kerja. Ketika hal itu terjadi, apa yang akan anda lakukan?

Saya tidak bisa memberi solusi, karena anda mungkin tahu bahwa jawaban umum yang akan dibeberkan oleh setiap tulisan yang anda baca adalah "berusaha berbicara dan bermusyawarah untuk saling terbuka". 

Bagaimana jika saya katakan bahwa anda harus berani menentangnya?
Hal yang mungkin kita tahu adalah bahwa di setiap kelompok yang bermusyawarah dengan orang - orang ini akan selalu mendapat tempat di dalam ide yang sedang dimusyawarahkan. Di akhir cerita yang terjadi adalah idenyalah yang akan keluar sebagai pemenang dan ide - ide lainnya menjadi bumbu - bumbu manis di dalam idenya.

Jika anda sedang makan soto, maka kecap jadi bumbunya. Jika ditambah sambal akan jadi soto yang pedas. Tetap saja bahwa makanan yang akan muncul akan tetap jadi soto. Jika ingin membuat diri anda berarti dalam sebuah musyawarah, maka kemukakanlah bahwa idenya sudah biasa, anda harus berani mengungkapkan pendapat dan mengubah semua hal yang jadi bumbu dasarnya. Tidak perlu menghilangkan idenya secara langsung, rombaklah dengan sedikit demi sedikit. Hilangkan dulu kuahnya dan bumbunya, sisakan hanya dagingnya. Campurkan bumbu lain misalnya  rujak, maka idenya menjadi milik anda dan lahirlah rujak soto versi anda.

Kalau dibawah ini pengertian rujak soto masakan khas banyuwangi. menurut id.wikipedia.org:

Rujak Soto adalah masakan khas dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Masakan ini merupakan paduan unik antara rujak sayur dengan soto, bisa soto daging (daging sapi) atau sato babat. Bahkan ada yang memadukan dengan soto ayam atau soto ceker (kaki ayam), ini biasa dilakukan sebagai alternatif ketika ingin menikmati rujak soto tetapi harga daging sedang melambung.
Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut dagingnya. Rasanya juga khas, ada unsur soto sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya. Rujak soto kadang disajikan dengan es temulawak.

Semua ide di dunia ini, dari pemikiran dan makanan sebenarnya terkait antara satu dan lainnya. Tidak ada ide murni yang datang langsung dari langit. Mereka yang berinovasi belajar dari sekitarnya dan memadupadankannya, dan lahirlah hal baru.

Jadi bagaimana kita mengubah sebuah persepsi diri kita sendiri di saat kita tahu bahwa kita adalah satu dari sekian juta orang yang tidak bisa di motivasi ataupun di rubah dengan nasehat orang lain. Di saat anda mengerti tentang hal itu, maka anda tahu bahwa tidak ada orang di dunia ini yang akan mampu mengubah pandangan anda terhadap dunia dan cara anda berpikir diatasnya.

Kita tahu kita bodoh dan mendapat nilai jelek di sekolah. Kita tahu bahwa mencontek juga merupakan perbuatan curang dan kita tahu bahwa hal - hal yang buruk dilarang oleh agama. Tapi bagaimana kita bisa berubah disaat semua hal tersebut sudah kita ketahui dan kita tetap melakukan hal yang sama, kesalahan yang sama, dan terus berkata "nanti saja".

Saya sendiri bukan orang yang menguasai hal ini, dan bahkan banyak keburukan saya yang masih belum bisa saya hapus. Kata - kata motivasi sepertinya hanya jadi hiasan sehari - hari saja. Tapi bagaimana jika merubahnya dengan cara yang tidak biasa?

Sebuah contoh mungkin bisa sedikit mempermudah masalah ini. Coba lihat lagi cerita di atas mengenai Rujak Soto. Secara harfiah itu masih tetap soto, tetapi ada hal lain yaitu rujak. Kita mencoba mengolah cara berpikir kita dengan memasukkan sebuah trik yang akan membuat diri kita menyadari bahwa kita sebenarnya tidak berubah, tetapi kita berubah di dalamnya.


Saat kita menunda untuk melakukan sesuatu, kita selalu berpikir bahwa menundanya akan membuat hidup kita lebih mudah dan jauh lebih tenang kan? Menunda tugas, menunda untuk membuat proposal, atau menunda untuk memulai berwirausaha karena belum ada modal yang mencukupi.

Bagaimana jika kita mengubah padanan kata di atas. Kita tidak akan berhenti untuk menunda, justru kita akan malah menundanya. Contoh kalimatnya adalah

"Saya menunda untuk menunda - nunda membuat skripsi", 

"Nanti saja menunda buat proposal, lagi nanggung ada ide, keburu lupa, tak kerjain sekarang saja.", 

"Gua gak pengen coba usaha, karena susah dan butuh banyak modal. Tapi Gua mau menunda buat jadi karyawan, mumpung masih muda coba coba usaha dulu saja."
 Cara kita berpikir dalam sudut pandang baru membuat kita mendapat hal baru. Saya suka dengan menunda - nunda sesuatu, tapi karena semua kata motivasi sudah gak mempan, kenapa tidak coba hal baru saja?

positif dikalikan negatif hasilnya akan menjadi negatif, sedangkan NEGATIF dikalikan NEGATIF bisa menjadi positif. Ini ilmu rumus mutlak di matematika. Maka tidak salahnya pemahaman baru ini di aplikasikan di kehidupan kita.

Pengedar pun (negatif) butuh kepercayaan (positif) pengedar lainnya untuk bertransaksi narkoba. Karena jika tidak percaya, tidak mungkin transaksi tersebut terjadi kan? (negatif)

No comments:

Post a Comment

Artikel Pilihan

Inspirasi Membuat Blog dari Nol tanpa Pengetahuan tentang Internet

Anda ingin punya blog yang terkenal? punya adsense banyak? ingin cuma tidur-tiduran di rumah dan dapat penghasilan yang banyak? Tidak s...