Sunday, September 4, 2016

5 Kesalahan Blogger Pemula

Sadar atau tidak bagi kalian yang baru belajar ngeblog atau sering mencari informasi berbahasa indonesia di situs pencarian google, kalian pasti pernah melihat sebuah blog yang mati suri, kontennya banyak, punya banyak artikel yang menumpuk tapi seelah dilihat arsip blognya ternyata updat terakhir sudah bertahun - tahun yang lalu. Bukannya mau sok men-judge orang seenaknya tapi sebenarnya blog mereka sangat berpotensi untuk menjadi terkenal. betul kan?

Buktinya mereka mendapat pengunjung dan bahkan saya sendiri berkali - kali sambang ke blog semacam itu, paling pendek umurnya sekitar 6 bulan, paling panjang ada yang sampai 4 tahun, itu pun rilis artikelnya tidak menentu dan ada juga yang seperti kena sakaratul maut, hidup tapi sangat jarang meng-update kontennya.

Untuk yang sakaratul mau ini sebenarnya tidak salah apa - apa, tapi mengertilah karena selalu ada orang di luar sana yang menunggu rilis artikel selanjutnya. Setiap blog pasti akan di index oleh google dan setiap orang yang mempunyai android setidaknya pernah mencari sesuatu di google. Jika blog anda pernah dikunjungi berarti blog anda mempunyai kesempatan yang sama seperti blog - blog lainnya yaitu menjadi terkenal.

Berikut ini uraian kesalahan - kesalah tersebut:




1.Tidak percaya diri dengan kualitas tulisannya.


Memang menjadi sebuah dilema jika seorang blogger yang baru saja belajar menulis dengan semangat membara akan mimpi - mimpinya untuk menjadi penulis terkenal tenggelam karena tidak PeDe dengan tulisannya. Kadang kita sendiri merasa alay dengan gaya bahasa kita sendiri, kadang juga saat membaca tulisan sendiri kita sering ketawa, atau jijik dan berkata "Tulisanku ko gini ya?" atau bahkan galau karena tidak tahu mana yang harus bergaya dengan cara apa, apa ingin memakai mendiskripsikan diri dengan kata ganti "AKU", "SAYA", "GUE", bahasa campuran atau kata - kata lainnya yang penulis sendiri belum tahu karena kurangnya pengalaman membaca dan menulis sendiri.

Memang benar akan aneh saat sebuah blog yang ingin terlihat ramah - tamah dan bisa dikunjungi oleh semua orang tetapi mereka akhirnya risih karena saat mengunjungi artikel kita yang lain ternyata tidak konsisten dan akhirnya pengunjung yang sebenarnya ingin subscribe blog kita mundur dan cuma lihat - lihat aja.

Menurut penulis sendir ekplorasi itu perlu. Tapi memang akan ada batasan pada eksplorasi seperti penggunaaan kalimat yang terlalu kasar dan sebagainya, tetapi bukan berarti kita harus menutup potensi - potensi kita dengan menebak - nebak masa depan blog kita sendiri.

2.Menjiplak Konten blogger lain


Yang ini keterlaluan, karena memang menurut hukum yang ada menjiplak atau dalam isitilah saya "copy paste artikel" sangat tidak patut untuk dilakukan. Selain tidak patut, google juga akan menghukum website yang ketahuan melakukan hal itu seperti dengan menghapus konten dari mesin pencarian google.

Menulis adalah hal yang kreatif, karena tulisan dengan bahasan yang sama dengan gaya penulisan dan bahasa penyampaian yang berbeda akan membuat arti dan maksud yang berbeda, itulah yang selama ini penulis rasakan, beberapa buku motivasi yang penulis lahap baru - baru ini terasa seperti itu, mungkin karena gaya penulisan dan cerita pribadi sang empunya buku yang sangat menarik untuk di baca. Dan itulah yang harus kita lakukan sebagai blogger pemula, banyak membaca, da belajar menyampaikan pendapat dengan menulis, dengan begitu wawasan baru dan mungkin cara berpikir baru akan dapat dibentuk dan disampaikan kepada semua orang yang membutuhkannya di dunia ini.

Media online adalah media paling mudah karena apapun yang kita tulis asalkan tidak berbau sara atau  hal - hal yang membuat perselisihan. Tulisan kita akan abadi dan akan dilihat oleh semua orang yang mengerti bahasa kita selama kiamat belum datang atau kita masih bayar biaya hosting dan domainnya.



3.Berhenti dan menyerah di tengah jalan


Saya pernah mendengar bahwa 95% dari 100 start up atau usaha yang muncul akan kandas dan jatuh di tahun pertama. dan sisanya akan melanjutkan maju dan berkembang ke tahap selanjutnya. dan  sekitar 10 dari perusahaan yang berkembang di tahun keduanya,hanya 5% yanga akan tetap bertahan atau bahkan kurang dari itu. Setelah itu perusahaan yang masih berdiri akan bisa berjaya pada tahun - tahun berikutnya. Mungkin presentasi keberhasilan ini tidak hanya ada di dunia bisnis, tapi bahkan di dunia kreatif atau jurusan teknik perkuliahan juga mengalami hal serupa.

Pada dasarnya beberapa dari kita hanya iseng mencoba. Iseng membuat blog, iseng daftar kuliah agar sukses atau iseng membuka les privat untuk menambah penghasilan. Ada juga yang dari pertama bersungguh - sungguh melakukannya.
 Daftar kuliah, membuat blog dan lain sebagainya tetapi kemudian sebagian besar dari dua jalan tersebut baik yang iseng atau bersungguh - sungguh hilang sesaat setelah semua sudah diputuskan.

Tapi sebagian kecil dari mereka justru menjadi terkenal di seantero jagad kepenulisan, membuat novel, dan sebagainya. Mereka memilih untuk maju meskipun sebagaian besar dari kawan seperjuagan mereka sudah menyerah, berlatih menjadi kunci utamanya. Jangan malu karena tulisan kita masih kelas teri, udah capek - capek menulis dan puluhan judul sudah di upload tetapi kemudian blog dihapus karena alasan pribadi.

Saya sendiri juga pernah melakukannya, sudah banyak tulisan yang dibuat tapi kemudian menyerah karena minder, karena itulah artikel ini dibuat, untuk mengupayakan agar hal serupa tidak terjadi bagi kawan - kawan yang sudah terjun ke dalam dunia kepenulisan ini. Jangan menyerah.



4.mempermasalahkan media, desain blog dan menunda untuk menulis



Ini juga penulis alami beberapa kali. Hal - hal tidak penting sering kali menjadi penting saat kita mulai menunda - nunda dan akhirnya semua hal tidak penting menjadi sangat penting dan tujuan awal malah hilang. Biasanya berawal dari Medianya, mau pake media apa, blogger, wordpress, wattpad, dan aplikasi lainnya sampaipada masalah desain karena tidak bisa mendesain blog yang bagus.  Sebenarnya kita hanya perlu menarik garis lurus dari tulisan yang ruwet ini, bayar orang buat desain yang bagus dan mulai menulis atau cari platform gratis dan langsung menulis. Blogspot atau wordpress terserah, yang penting mulai menulis dulu. Untuk hal lain bisa dibahas sambil jalan.

Kita hanya perlu fokus pada tujuan utama dan yang paling pernting, yaitu menulis karena hal itu yang ingin kita lakukan, sama seperti profesi lainnya. Hal - hal yang lain pasti akan mengikuti dan bila ada kesalahan seseorang akan mengingatkan kita, atau kita juga bisa meminta pendapat tentang tulisan kita di forum - forum seperti kaskus dan forum - forum khusus lainnya.


5. Tidak ada yang minat membaca tulisan pemula


ini adalah hal yang sudah saya singgung di awal. Apakah kalian tahu bahwa semua barang di dunia ini pasti ada peminatnya. Minimal pembuat barang itu sendiri. Dari kantong plastik, kardus, teh, vas, sampah, buku, mi, dan hal hal yang berguna lainnya sampai hal - hal yang tidak patut seperti prostitusi, narkoba, alkohol. Manusia itu sangat beragam dan minat yang di tunjukkan setiap individunya  pasti berbeda meskipun tujuannya sama.

Sama halnya dengan menulis, apapun bisa kalian tulis dari yang sulit seperti cara membuat sepatu, cara membuat tas dan lain sebagainya sampai yang paling mudah seperti cara mengganti oli atau cara duduk yang benar. Dengan smartphone yang semakin murah dan banyaknya penduduk indonesia di tambah dengan kemajuan teknologi, serta latar belakang suku yang sangat beragam di indonesia, tentunya akan ada kesempatan bagi semua orang untuk mendapat perhatian dari orang - orang yang mencarinya di mesin pencari seperti Google.

No comments:

Post a Comment

Artikel Pilihan

Inspirasi Membuat Blog dari Nol tanpa Pengetahuan tentang Internet

Anda ingin punya blog yang terkenal? punya adsense banyak? ingin cuma tidur-tiduran di rumah dan dapat penghasilan yang banyak? Tidak s...