Friday, September 16, 2016

Menyusun Kerangka Ide Kiat Menulis Efektif dan Cerdas

Untuk beberapa alasan, menulis menjadi sulit, kadang saat ide sudah muncul di depan mata, tangan menjadi sangat berat dan otak jadi malas untuk berpikir.  Jadi dan akhirnya saat menulis pun terkadang kita menjadi kalut dan bingung, tidak tahu harus menulis apa.

Pengalaman saya selama menulis 9 artikel sebelumnya ini membuktikan itu, dari mulai tidak konsisten dalam hal waktu terbit, gaya bahasa dan permasalahan dalam menentukan desain untuk blog pribadipun bisa jadi ajang menunda - nunda pekerjaan. Galau dan marah, atau dan mungkin kebingungan menumpahkan cerita dalam goresan.

Jadi tanpa Ambil pusing, dari pada saya harus bertanya pada mbah Google, saya manfaatkan perkenalan saya di BeeTalk dengan salah orang yang berprofesi sebagai guru mata pelajaran bahasa indonesia. Saya mencoba berkeluh kesah, dan keberuntungan pun datang karena teman saya ini mau membagi tips sederhana yang dapat digunakan untuk membuat tulisan kita menjadi menarik.

Beliau ini mengatakan satu kalimat yang sangat sederhana, "iya,, bikin pokok - pokoknya dulu setiap paragraf". Dan pada saat itu saya langsung menemukan jalan keluar dari masalah saya. Dan hal ini menjadi sebuah instruksi secara tidak langsung bahwa saya harus membuat daftar - daftar yang harus saya kerjakan dan menandai hal - hal yang telah saya lakukan.

Membuat pokok setiap paragraf memang membuat menulis jauh lebih mudah. Saya mengartikannya seperti membuat kerangka sebuah cerita, awal, konflik dan penyelesaian. Coba kita simak sebuah contoh dari sebuah fabel Kura-kura dan Kelinci. Singkat cerita dongeng tersebut dapat disingkat menjadi pokok - pokok ide dan saya tidak membatasi ide - ide ini hanya di dalam sebuah paragraf. Ringkasnya saya menyingkat cerita Kura - Kura dan Kelinci menjadi hanya beberapa kalimat saja,

  1. Kelinci yang sombong membual ke teman - temannya bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan dia dalam hal kecepatan.
  2. Kelinci bertemu dengan Kura-kura yang sedang berjalan, mengolok - oloknyadan dengan sombong menantang kura - kura untuk bertanding.
  3. Di tengah perlombaan, kelinci yang merasa akan menang dengan mudah, bersantai di bawah pohon dan tidur.
  4. Kelinci bangun terkaget - kaget beberapa jam kemudian, melihat kura - kura hampir melewati garis finish dan kemudian berlari sekuat tenaga untuk menyusul, namun semua sudah terlambat.
Tapi karena saya masih pemula, maka saya hanya membuat beberapa kata saja yang akan mewakili tulisan saya. Dengan beberapa ide dan bayangan tentang bagaimana saya harus menulis, hal ini menjadi langkah yang tepat tidak terlalu sulit untuk dipraktekan. Dan  meskipun pertama kali mencoba, hal ini bisa sukses besar. Kenapa, karena artikel yang saya tulis ini adalah artikel pertama yang saya terapkan dengan satu syarat utama, Biarkan tulisan mengalir dan jangan membatasi ide hanya dengan menumpahkannya di dalam satu paragraf saja. Berikut kerangka yang saya buat, tidak terlalu ribet dan cocok untuk pemula.

kiat menulis dengan pokok paragraf
alasan
pengalaman
chat beetalk
Solusi
Alasan
contoh
kesimpulan

Tulisan yang mengalir sangat cocok untuk pemula dan dengan menetapkan ide - ide dan alur yang akan di presentasikan dengan alur yang jelas, maka artikel yang efektif bisa dihasilkan dengan cara yang cerdas. Bisa saja sebuah ide terkandung di dalam 3 paragraf, atau mugkin sebaliknya, ada 3 ide dalam satu paragraf.

Sebagai tambahan bahwa dengan menggunakan 5W+1H untuk menggali informasi yang akan disampaikan bisa menjadi sebuah teknik yang sangat efektif untuk diterapkan. Sayangnya di artikel bacaan yang saya buat kali ini tidak menggunakan hal tersebut karena tulisan ini saya buat dengan paksaan bahwa saya harus menulis sesuatu di blog ini. 

 Secara tidak sengaja saya kemarin membaca sebuah artikel yang berisi wawancara dari LifeHacker.com tentang sesorang bernama Cory Doctorow. Dan dari artikel tersebut terlihat bahawa beliau adalah salah seorang blogger dan novelis yang sukses. Dan dari semua hal yang saya baca dari artikel tersebut, ada satu hal yang umum yang beliau terapkan dan sepertinya membuatnya menjadi bukti hidup yang nyata bagi para penulis dan blogger yang berjuang menuju keberhasilan seperti dirinya.

Petikan wawancara tersebut adalah

What's the best advice you've ever received?

Write every day. When you write every day, it becomes a habit and you do it automatically. Habits are things you get for free.
yang artinya
Apa saran terbaik yang pernah Anda terima?

     Menulislah setiap hari. Ketika Anda menulis setiap hari, itu menjadi kebiasaan dan Anda melakukannya secara otomatis. Kebiasaan adalah hal-hal yang Anda dapatkan secara gratis.


Jadi sebuah kesimpulan untuk menjadi penulis yang efektif dan cerdas adalah dengan mencba hal - hal baru, mempelajar teknik - teknik yang baru dan mencobanya berulang kali. Ingatlah bahwa Practice makes Perfect, praktek membuat semuanya sempurna. Dan menurut saya secara pribadi, sebenarnya membuat kesalahan itu menjadi perlu, karena tanpa tahu sebuah kesalahan, mungkinkah kita tahu sebuah kebenaran.

Minimnya pengetahuan janganlah jadi alasan untuk berkarya. Justru sebuah ide yang hanya nganggur di pikiran tidak akan bermanfaat bagi siapa - siapa. Bagi siapa saja yang ingin memiliki kemampuan untuk menulis, tidak ada jalan lain yang bisa dilakukan selain terjun langsung dan praktek. Dan pada akhirnya yang konsisten dan terus mempraktekkan ilmu - ilmunya yang akan jadi pemenang.

No comments:

Post a Comment

Artikel Pilihan

Inspirasi Membuat Blog dari Nol tanpa Pengetahuan tentang Internet

Anda ingin punya blog yang terkenal? punya adsense banyak? ingin cuma tidur-tiduran di rumah dan dapat penghasilan yang banyak? Tidak s...