Tuesday, September 20, 2016

Bagaimana cara saya maju meskipun saya tidak bisa mencapai cita-cita saya

Menjadi konsisten itu sulit, bukan karena Kesuksesan yang sulit di gapai tapi karena melakukan hal secara terus-menerus setiap hari itu memang bukan hal yang mudah. Kemarin saya sendiri mencoba memecah mimpi saya menjadi mimpi - mimpi kecil. Beberapa mimpi seperti ingin mimpi ingin menjadi seseorang yang bisa menginspirasi dan menulis hal - hal yang menarik pun saya coba iris menjadi potongan-potongan yang bisa saya gapai.



Tidak mudah menggapai mimpi yang tinggi. Karena memang semakin tinggi mimpi semakin sakit saat kita jatuh. Tapi mimpi paling mustahil pun bisa kita wujudkan. Felix Baumgartner adalah salah seorang pria yang tahu hal itu, beliau menjadi manusia pertama yang terjun bebas dari langit, dengan ketinggian lebih dari 39 km dari permukaan tanah dan berhasil mendarat dengan selamat.

Semakin tinggi mimpi, semakin sakit saat jatuh bukan merupakan ungkapan yang tepat bisa kita berikan pada beliau. Saya melihat sekilas mencari sosok ini di "mbah Google", dan dari beberapa website yang saya temukan diceritakan bahwa Felix memerlukan latihan dan persiapan selama 7 tahun. Latihan selama 7 tahun bukan hal yang mudah, bahkan felix tidak melakukannya sendiri, selalu ada team yang menjaga dan mengarahkan karena memang proyek ini adalah proyek yang buakan hanya besar, tetapi juga sangat mematikan. Bayangkan saja seandainya manusia jatuh dari ketinggian 39 Km dengan kecepatan mencapai lebih dari 1.300km/jam.

Masih dalam hal jatuh dan konsisten, sebenarnya memang sebuah hal yang sangat mudah, saking mudahnya untuk konsisten, kebanyakan orang seperti kita yang selalu gagal akan meremehkannya. Saya tahu yang mereka rasakan, karena saya juga orang yang sama dengan mereka yang gagal. Meskipun latar belakang, tempat tinggal dan masalah yang dihadapi berbeda, hal itu tidak menjadi pembeda bahwa kita gagal karena kita kurang tekun berusaha.

lupakan soal tidak beruntung, keberuntungan itu lahir setelah kesempatan yang ada bertemu dengan kemampuan masing - masing. Dan sudah menjadi hal yang harus diketahui oleh mereka yang selalu gagal adalah kemampuan kita tidak cukup. Saat kesempatan datang memanggil kita mungkin akan berteriak "AKU SIAP!!", tapi sebenarnya jauh di dalam lubuk hati kita, kita tahu bahwa kita masing belum siap, malu-malu kucing dan meskipun kita mendapatkan kesempatan yang ada, kita hanya menjadi benalu yang siap di potong kapan saja.

Saat saya mencoba membagi mimpi - mimpi yang besar tersebut menjadi mimpi-mimpi yang kecil dan kesuksesan kecil Saya berusaha pahami hal-hal yang saya mengerti saat itu. Ketika saya ingin menginspirasi orang dengan tulisan saya, saya bagi itu semua dari mulai membuat blog, mulai menulis, mulai memilih desain sementara untuk blog, mulai menulis secara konsisten dan sebagainya. tiga bagian awal sudah terlaksana, meskipun tulisan masih kaku dan belum konsisten, setidaknya saya sudah sukses. Sukses - sukses kecil ini lah yang nanti akan saya kumpulkan, sedikit demi sedikit, agar lama-kelamaan jadi bukit dan mungkinjadi gunung dan pegunungan yang menjulang tinggi.

Saat memulai satu suatu tantangan baru setelah kesuksesan juga bukan hal yang mudah. Saya merasakan itu betul - betul. Ketakutan akan kegagalan selalu aja menghampiri, bahkan perasaan pesimistis juga akan datang. dan omongan omongan seperti tidak ada kemajuan atau tidak ada kesempatan untuk sukses juga akan selalu datang untuk menggerogoti kesuksesan yang sudah kita capai. Jika kita tidak beruntung, mungkin kita akan kembali untuk menapaki semua itu dari awal lagi, tapi jika kita beruntung, ada banyak tantangan yang akan kita hadapi kedepannya.

Saat saya menulis artikel ini, butuh 3 hari untuk membuat saya yakin bahwa saya masih bisa maju dan berubah. dan memang semua hal tentang perubahan memang selalu menyakitkan dan menusahkan. Tapi pada akhirnya bisa dilihat bahwa saya sekarang sanggup untuk menuliskan beberapa hal yang ada di benak saya. Rasa takut dan pesimis akan selalu muncul, tapi saya rasa hal itu akan terkikis bilamana kita mampu untuk melakukan dengan konsisten hal yang ingin kita capai.

Saya berhasil dan sukses melawati ini, dari "bermimpi dan takut untuk bertindak", menjadi "bertindak dan bermimpi dahulu, takut urusan nanti". meskipun saya belum mampu untuk meletakkan diri saya pada konsisten yang benar-benar konsisten, saya pasti bisa melalui ini, dan saat saya mampu, anda pasti akan tahu.

Felix bisa melakukan apa yang beliau inginkan. Saya juga akan melakukan hal yang serupa, mungkin akan butuh setahun, dua tahun atau sepuluh tahun, dan saya tidak tahu apakah saya bisa berhasil, tapi saya yakin saya mampu untuk berhasil. kenapa? karena saya meletakkan diri saya sendiri sebagai orang yang tidak bisa hidup tanpa bermimpi. Hal yang aneh kan? bila sebagian besar orang akan membuang mimpinya saat dia sudah menikah dan menjalani hidup yang biasa saja, saya akan melakukan sebaliknya. Saya hanya perlu untuk konsisten, begitu juga anda.

Jangan takut hanya karena gagal atau dicemooh, karena sebenarnya mereka mungkin iri dengan usaha keras kita. kenapa? karena mereka mungkin punya mimpi yang besar dan telah menguburnya jauh kedalam lubuk hati kita sedangkan kita melakukan sebaliknya. Tidak penting apa kita gagal, kita hanya harus terus mampu untuk berbuat dan konsisten. saya percaya bahwa mereka yang berhasil karena konsisten. kita tidak tahu apa yang mereka alami untuk mencapai kekonsistenannya tersebut dan saya pun juga buta, kecuali orang - orang yang membagi ceritanya. Percaya dan lakukan dengan konsisten, hanya itu caranya.

No comments:

Post a Comment

Artikel Pilihan

Inspirasi Membuat Blog dari Nol tanpa Pengetahuan tentang Internet

Anda ingin punya blog yang terkenal? punya adsense banyak? ingin cuma tidur-tiduran di rumah dan dapat penghasilan yang banyak? Tidak s...