Tuesday, November 29, 2016

Orang Malas Dinetralkan Oleh Alam

Saat seseorang bertanya padamu soal bagaimana kamu bisa melakukan sesuatu yang menurut mereka mustahil, sebenarnya mereka sudah tahu apa yang harus mereka lakukan. Itu semua hanyalah masalah dari dalam diri kita masing - masing soal apakah kita berani untuk berkata "Ya" dan mencoba, atau berkata "Tidak" dan mundur. Jawaban yang pasti hanya dua hal tersebut.

Namun seringkali masalah muncul saat kita tidak mau untuk memilih dua jalan yang ada dan memilih untuk mengambil keputusan yang lain, bukan "ya" atau "tidak". Saat kita ingin berkata "Tidak", maka yang ada adalah kita tidak mau melepaskannya. Sedangkan saat kita mengatakan "Ya", sebenarnya kita merasa tidak mampu untuk melakukannya. Disinilah kebimbangan atau dalam bahasa anak zaman sekarang lebih di kenal dengan sebutan "galau".

Tidak banyak orang yang mau untuk mengatakan bahwa dirinya sebenarnya "takut melangkah" dan "tidak ingin berkorban". Sebenarnya hanya dua hal tersebut yang membuat kita jauh dari segala bentuk kesempatan emas yang telah kita lewati dan kita sia - siakan. Takut karena "mungkin" jalan yang kita tempuh lebih buruk dan lebih berat dari pemahaman kita sendiri. Takut karena banyaknya saingan dan takut karena merasa diri tidak mampu dalam melakukan semua pekerjaan sesuai target, baik itu karena alasan kesehatan, ekonomi, dan fasilitas yang terbatas.

Tidak banyak juga orang yang tahu tentang pengorbanan dan arti di baliknya. Jika kita melihat hidup ini adalah jalinan yang seimbang antara positif dan negatif, maka kita berada pada angka Nol yang bersifat netral. Seimbang karena saat kita berusaha hidup dalam posisi "ingin enaknya saja" dan "tidak mau bekerja keras" yang mana bersifat negatif, maka alam dan dan seisinya akan menetralkan hal tersebut secara paksa.

Terus, bagaimana alam ini melakukannya?

Kita berbuat buruk, bermalas - malasan dan melakukan hal negatif lainnya, maka orang - orang di sekitar kita juga akan bersifat negatif pada diri kita. Kalian bisa berpendapat bahwa reputasi kalian di masyarakat akan hancur dari perbuatan buruk itu sendiri dan orang - orang yang terkena pengaruh secara langsung dari balik perilaku kalian.

Ini adalah hal yang sangat mudah untuk dimengerti dan dipahami. saking mudahnya untuk dipahami, sampai - sampai kita bisa lupa dan menganggap hal itu hanya bualan belaka. Hingga ada ungkapan yang menyatakan "Muda foya - foya, tua kaya raya, mati masuk surga".

Hidup itu sulit, bukan karena hidupnya yang sulit, tapi pola pikir kita yang membuatnya sulit. Disini saya bukan mau membual, tapi ini adalah kenyataan yang terjadi pada diri saya sendiri. Saya pemalas dan tidak suka belajar dan pada saat saya ingin mengobah pola pikir saya menjadi 180 derajat kearah sebaliknya, yang ada adalah saya malah melantur ke kanan dan ke kiri, mengerjakan "hal lain" selain apa yang seharusnya saya lakukan. Butuh beberapa bulan untuk lepas dari hal ini dan bukan berarti saat kita lepas, maka hidup kita akan mudah. Pola pikir yang lama bisa saja kembali seketika jika tidak waspada. Dan akan sulit untuk di hilangkan jika kembali tanpa kita sadari.

 Saat kita melakukan hal negatif, yang berarti ingin bersenang - senang tanpa bekerja dengan serius dan keras, maka  alam dan seisinya akan mencoba untuk menetralkannya. Jika kalian tidak setuju dengan sedikit uraian di atas tentang cara pandang orang lain, saya punya satu hal lagi yang tidak akan bisa kalian tampik lagi.

Apakah itu?

Jawabannya adalah Skill.

Tidak perlu susah - susah untuk membedakan pemuda yang masih SMA yang serius dengan yang tidak, lihat saja rapornya. Tidak perlu susah - susah  membedakan antara orang yang terampil dan yang tidak, cukup lihat saja hasil kerjanya. Ketika kita tidak benar - benar belajar di masa lalu, maka hari ini kita akan terkena imbasnya. Alam berusaha menetralkan kita. Kita tidak mungkin bisa bekerja jadi seorang sopir jika kita tidak pernah belajar untuk menyetir mobil. Kita tidak akan bisa menjadi seorang pemahat batu dan menggambar ulang bentuk tubuh manusia di atasnya tanpa sekalipun berkontribusi dengan latihan setiap harinya dan bermalas - malasan. Seperti itulah dunia kita.

Jangan pernah berharap menjadi manager di perusahaan jika kuliah dengan serius dan menargetkan untuk mendapatkan beasiswa saja tidak mau dan tidak ingin belajar berbisnis. Jangan harap tulisan kalian akan seindah dan sebagus novelis di dunia jika kalian tidak pernah berlatih menulis dan memperbanyak buku bacaan dan tata bahasa kalian dari dulu. Itu semua tidak bisa dibangun dalam semalam. Mau tidak mau, kita harus kerja, yang berarti berusaha dan terus mencoba.

Jika kalian merasa pernah menemukan orang yang telah berusaha dan hidupnya hancur, coba tanyakan pada mereka, kenapa mereka berhenti berusaha?

Tidak boleh ada kata gagal, karena kita masih bernafas dan hidup. Orang lain boleh saja mencaci kita karena kegagalan - kegagalan kita. Tapi mereka bukan peramal, mereka tidak tahu tentang masa depan. Ini adalah hal paling berharga yang pernah terpikirkan oleh saya. Bahwa hidup itu seimbang. Coba pikirkan ini dalam - dalam. Jika sewaktu kita muda kita tidak pernah bekerja keras (tidak perrnah melakukan hal positif), maka hidup kita selanjutnya di tahun - tahun berikutnya yang akan membuat kita bekerja keras secara paksa. Mencari kerja jadi susah, kerjanya susah, pendapatan kecil. Siapa yang akan anda salahkan? Salahkan diri anda sendiri.!!!!


Tapi ada hal baik disini, jika  kalian sudah ada di taraf "susah" maka hal yang harus anda lakukan adalah menimba hal - hal positif yang dulu kalian sepelekan. Belajar dan mencoba untuk bekerja keras. Dengan begitu, maka alam akan mencoba menetralkan kita dan menempatkan kita di posisi seharusnya suatu hari nanti untuk menjadi lebih tinggi beberapa derajat ekonominya dan punya pola pikir pekerja keras.

Saya kira hanya ini yang dapat saya sampaikan. Tapi nampaknya ada banyak hal yang ingin saya gali dari tulisan ini di tulisan - tulisan sya berikutnya. Jangan lupa kunjungi lagi blog ini ya...

No comments:

Post a Comment

Artikel Pilihan

Inspirasi Membuat Blog dari Nol tanpa Pengetahuan tentang Internet

Anda ingin punya blog yang terkenal? punya adsense banyak? ingin cuma tidur-tiduran di rumah dan dapat penghasilan yang banyak? Tidak s...