Saturday, November 26, 2016

Pentingnya mencatat pada saat belajar

Ada satu hal yang mungkin sebagian besar dari kita yang pernah bersekolah atau sekarang sedang mengenyam pendidikan. Seperti judul yang sudah terpampang di atas, masalah mencatat. Sebagian besar dari kita mungkin belajar dengan cara konvensional. Kita sebut saja "Mediocre" atau kita sebut sebagai manusia "sedang - sedang saja".

Mediocre itu bukan orang malas, mereka membaca pelajaran yang telah mereka pelajari di sekolah. Rentangnya juga cukup lebar dari yang sangat pintar atau bisa dikatakan jenius ataupun yang pemalas yang sebenarnya "gak malas - malas amat" karena biasanya mereka membaca buku di malam hari sebelum ulangan dimulai dan mungkin membacanya lagi sesaat sebelum ulangan dimulai. Setidaknya mereka (termasuk saya) punya sedikit "tanggung jawab" bahwa belajar memang perlu. Masalahnya adalah orang seperti kita cenderung menjadi pemalas.

Mereka pintar, mereka tahu dan punya "tanggung jawab" dengan apa yang dikerjakannya. Satu - satunya masalah yang mungkin belum mereka sadari adalah mereka terlalu banyak membuang waktu untuk membaca buku mereka.

Saya sendiri pernah merasakan harus membaca seluruh bab di malam hari  yang materinya akan dipakai ulangan besok harinya, sedangkan saya sendiri belum pernah mencatat materi tersebut dan hanya membacanya jika ingin saja (yang mana mungkin hanya sebulan sekali seingat saya sendiri). Dan pada saat membaca sesaat sebelum ulangan dimulai, rasanya kepala sudah tidak mampu menampung semua informasi yang ada. Kata - kata penting, istilah, dan nama - nama yang sangat aneh yang saya coba baca berkali - kali tersebut tidak membekas sedikitpun di ingatan. Namun pada akhirnya saya mendapat nilai yang cukup bagus, 70 poin.

Hari ini saya melakukannya lagi, di saat saya belajar bahasa pemrograman, saya merasa terlalu banyak kosakata yang digunakan dan penggunaan yang terlampau kompleks untuk kepala saya. Padahal saya hanya baru belajar dasar dari pemrograman web, yaitu HTML dan CSS.

Saya baca materi berulang - ulang, saya lihat cara menggunakannya di dalam tutorial yang saya cari di web. Dan coba tebak apa yang saya temukan, "Semua materi  tidak pernah nyambung". Dan meskipun saya sedikit tahu tentang beberapa skrip yang saya gunakan, saya tidak pernah tahu bagaimana harus menggunakan dan mengimplementasikannya di proyek kecil saya.

jadi selama berminggu - minggu saya terjebak di tempat yang sama, mengulang dan membaca lagi semua pelajaran yang ada, menonton video yang sama dan pada akhirnya, semua informasi itu terlupakan karena banyaknya hal yang harus dipelajari.

Pada akhirnya saya menyadarai bahwa kami "Mediocre" kurang satu hal penting yang membuat kami gagal untuk move on dari materi yang pernah kami pelajari dan mungkin lupa dan merasa terlalu banyak yang harus dipelajari karena harus mengulang untuk membaca semuanya dari awal. Kalian tahu apa itu dengan pasti, yaitu mencatat dan merangkum.

Kita coba lihat beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh dengan mencatat:

Pertama, kita jadi tidak perlu susah - susah membuka buku yang sama dan tetap mendapat inti dan hal penting yang kita pelajari tanpa terlalu banyak basa - basi seperti buku awal yang kita baca. Sebelum kamu mencatat, kita harus membaca setidaknya 20 sampa 40 halaman dalam satu bab. Setelah mencatat dan mengerti poin - poinnya, kita hanya perlu melihat hal - hal penting dan poin - poin yang menurut kita penting saja. mungkin sebuah kalimat, selembar atau dua lembar catatan saja.

Kedua, kita tidak akan pusing jika harus dan ingin mencari informasi yang sudah kita lupakan. Kita hanya perlu melihat catatan kita masing - masing. Hal - hal yang mungkin tidak diketahui oleh kebanyakan orang adalah bahwa catatan singkat tersebut bisa menjadi pemicu bagi kita untuk mengingat hal - hal lain yang pernah kita baca. bersifat sebagai kata kunci yang akan mengakses semua informasi yan berkaitan dengan hal tersebut.

Sebuah contoh mungkin lebih bisa membantu. Bayangkan kata - kata "Super Hero Marvel", maka dari kata kunci tersebut, dalam beberapa saat kita akan memicu ingatan kita yang lain yang berhubungan dengan kata - kata tersebut. Dari ingatan tentang film Avenger, Captain America, Hulk, Ant Man, Thor. Bukan hanya itu, bagi mereka yang telah melihat film Box Officenya, pasti kalian akan mengingat setiap adegan penting dan alur cerita masing - masing karakter seketika itu juga.

Dua hal di atas sangat berpengaruh secara langsung bagi pembelajaran kita. Saya sendiri masih memperoleh keuntungan dengan tidak perlu membuka materi lagi karena lupa fungsi dari beberapa kata/skrip yang saya pelajari. Coba tengok gambar di bawah ini.



contoh cara mengaplikasikan catatan versi penulis

Tanda di antara "/*" dan "*/" adalah catatan yang saya buat. Dari pengingat seperti /*utek - utek lagi*/ dan penjelasan singkat. Mungkin ini terlihat tidak profesional dan keren, tapi siapa butuh itu semua.

Inti dari mencatat adalah untuk memudahkan tugas kita masing - masing. Jika saya masih punya kesempatan untuk bersekolah lagi, hal itulah yang akan saya lakukan. Tapi meskipun dengan hobi saya yang sederhana sekarang ini seperti bermain html dan css ini, saya masih bisa mengaplikasikannya dengan cara saya.

catatan versi penulis

catatan penulis dengan aplikasi Google Keep

Kita bisa membuat catatan versi kita sendiri. Tidak perlu harus rapi dan terstruktur dengan baik (meskipun itu adalah cara yang sebenarnya bagus). Pakailah cara kalian masing - masing.  Bahkan sebenarnya menulis seperti yang saya lakukan kali ini juga termasuk dalam kategori "mencatat".  Atau bahkan menggunakan aplikasi "Google Keep" yang saya gunakan di di sini

Mencatat informasi membantu kita mengkristalisasi ilmu yang kita dapatkan agar dapat dipanggil sewaktu - waktu saat hal tersebut dibutuhkan, khususnya pada saat ulangan.

Jadi, kenapa harus pusing mencari tahu caranya mencatat informasi pernting. yang harus kalian lakukan adalah mencoba, karena masalah kesempurnaan dan "mencari cara yang benar" bisa kita dapatkan nanti, ketika kita membuat kesalahan dan memperbaikinya menjadi lebih baik.


No comments:

Post a Comment

Artikel Pilihan

Inspirasi Membuat Blog dari Nol tanpa Pengetahuan tentang Internet

Anda ingin punya blog yang terkenal? punya adsense banyak? ingin cuma tidur-tiduran di rumah dan dapat penghasilan yang banyak? Tidak s...